https://harianrakyatbanten.com

 

Oleh: Dadan Kusnandar 


Mahasiswa S2 Magister Akuntansi  Universitas Pamulang


Mengapa saya menulis judul,  ternyata biaya pendidikan untuk menjadi pintar itu murah, sedangkan kenyataan yang terjadi berbanding terbalik dari apa yang saya tulis dalam judul ini. Biaya iuran sekolah atau biaya semester, membeli buku pelajaran, buku tulis, alat tulis , biaya ongkos ke sekolah, biaya membeli kuota internet untuk learning by googling, dan lain lain seperti biaya untuk praktik dan tugas.


Semua biaya yang saya sebutkan tentu nya sangat mahal, tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan .


Lantas mengapa saya bilang pendidikan itu murah , karena jika di bandingkan dengan kebodohan, tentu saja biaya pendidikan jauh lebih murah,jika dibandingkan dengan harga kebodohan .


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan suatu sikap dan tata laku seseorang maupun kelompok dalam upaya pendewasaan yang diwujudkan dalam suatu pengajaran maupun pelatihan .


apa jadi nya jika ada orang yg tidak mendapatkan pendidikan, dia tidak bisa membaca , dampak nya apa yang akan terjadi? mereka yg bodoh akan di bohongi .


harga yang harus di bayar oang bodoh yaitu kerugian. kerugian yang mereka dapatkan lebih mahal dari biaya pendidikan tersebut.


apa jadi nya jika ada orang yang tidak mendapatkan pendidikan, mereka tidak bisa menjawab pertanyaan pertanyan yang harus nya mudah dijawab. Dampak yang akan terjadi bagi mereka yang bodoh itu apa? jika tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut . Mereka yang bodoh akan diremehkan oleh orang orang.


harga yang harus di bayar orang bodoh masih sama yaitu mendapatkan Kerugian. Kerugian yang mereka dapatkan tentu nya sangat mahal dari biaya pendidikan.


Pendidikan itu sangat penting dalam kehidupan kita.  


Rasullah saw bersabda . sabda nya ,tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat (artinya menuntut ilmu itu hukum nya fardu / wajib . kewajiban menuntut ilmu itu untuk semua individu baik laki laki maupun perempuan dari waktu lahir hingga maut menjemput )


Jadi untuk siapa saja yang membaca tulisan ini, harus tetap semangat belajar dan menempuh pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi lagi. Agar kelak dikehidupan yang akan datang, bisa mempunyai karier yang bagus dan mempunyai wawasan yg banyak.


Jangan jadi bodoh , karena orang bodoh susah mendapatkan pekerjaan, karena orang orang tidak akan percaya, jadi orang bodoh ada waktu nya dia akan di bohongi, jadi orang bodoh akan selalu di rendahkan , orang bodoh selalu dalam keadaan kebingungan, orang bodoh akan sulit dalam berkomunikasi dua arah karena tidak aan nyambung jika diajak diskusi.


Ingat harga menjadi orang bodoh itu sangat mahal, jadi tetaplah belajar dan mendapatkan pendidikan .


Lau kana nurul 'ilmi yudraku bil-muna, maa kana yabqa fil-bariyati jahilun artinya Seandainya ilmu itu bisa diraih hanya dengan berangan-angan maka tak satu pun orang bodoh di dunia", mendapatkan ilmu itu butuh perjuangan, pengorbanan dan pertaruhan. Sesuatu yang berharga tidak akan didapatkan dengan cara yang mudah.


Untuk yang sedang berjuang menempuh pendidikan, Jadi jangan malas untuk belajar, jangan berhenti karena biaya, jangan menyerah karena lelah .


Jangan jadi bodoh, kenapa? Karena akan merugi. Merugi seperti apa? Saya akan beri contoh, jika ada orang bodoh. Orang bodoh itu tidak pernah belajar tentang apa itu logam mulia emas, ketika orang bodoh sedang berjalan tidak sengaja menemukan sebongkah emas, orang bodoh akan berpikir itu hanya sebongkah batu biasa dan akan ia tinggalkan emas tersebut.


Maka dari itu belajar lah , biaya pendidikan itu murah dibandingkan dengan kebodohan.


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.