https://harianrakyatbanten.com

 


Penulis : (KTR)- Evi Veronika Dewi
Magister Akuntansi Universitas Pamulang 

Akuntansi memainkan peran kunci dalam berbisnis dan memiliki banyak kepentingan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa akuntansi sangat penting dalam dunia bisnis:

1. Sumber Informasi Keuangan Akuntansi memungkinkan perusahaan untuk tahu semua transaksi keuangan, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan investasi. 

2. Pengambil Keputusan Sumber informasi yang jelas dapat menjadi dasar pertimbangan langkah yang akan di ambil perusahaan dalam pengambila Keputusan. Misalnya apakah perlu meningkatkan produksi barang sesuai kondisi Keuangan. 

3. Perencanaan, Pengawasan, dan Pengontrolan Produksi Dengan menggunakan data akuntansi memudahkan perusahaan dalam merencanakan, mengawasi, dan mengontrol produksi barang. Ini membantu dalam mengidentifikasi tren positif atau negatif. 


4. Pengendalian Biaya Peranan selanjutnya akuntansi berfungsi untuk mengontrol pengeluaran apapun dalam perusahaan, mulai dari pengeluaran internal hingga eksternal sekalipun. Dengan akuntansi kita bisa mengalokasikan keuangan dengan baik sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan. 

5. Alat Evaluasi Perusahaan Kita bisa menggunakan akuntansi sebagai alat evaluasi kinerja perusahaan. Akuntansi juga membantu dalam mengevaluasi kelayakan investasi baru atau proyek-proyek ekspansi. 

6. Evaluasi Kelayakan Investasi Akuntansi membantu dalam mengevaluasi kelayakan investasi hal Ini membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat ketika harus berinvestasi. 

7. Transparansi Akuntansi menciptakan transparansi dalam operasi bisnis. Ini membantu mencegah adanya tindakan curang, serta meningkatkan integritas perusahaan ketika berbisnis. 


8. Pengukuran Keberhasilan Akuntansi memberikan metrik yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan bisnis. Contohnya, laba bersih, dan perbandingan biaya. Akuntansi adalah alat penting dalam mengelola bisnis dengan baik, Peran mendasar akuntansi adalah sebagai penyedia informasi serta sumber jawaban untuk segala urusan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Laporan yang berisi informasi yang lengkap dan akurat dapat di gunakan untuk menstabilkan bahkan meningkatkan performa perusahaan. Dengan adanya laporan akuntansi, kita dapat mengetahui semua informasi yang berhubungan dengan keuangan secara jelas.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.