https://harianrakyatbanten.com


Lebak,- Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dinilai penting, terlebih lagi bagi masyarakat Desa di pedalaman yang minim akses informasi dan komunikasi. 

Untuk mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Alfamart bersama Lazismu Pusat dibantu oleh tim Sahabat Relawan911 dan Tim Medis Puskesmas Cisimeut Dinas Kesehatan Lebak melakukan pemeriksaan kesehatan dasar, pelaksanaan Posyandu serta sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di 6 Kampung Baduy yang terletak di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Banten, Selasa (26/10/2021).

Pemeriksaan kesehatan dasar dan Sosialisasi PHBS ditempuh dengan berjalan kaki ke 6 lokasi tersebut, karena aturan adat melarang kendaraan bermotor masuk ke wilayah Baduy, Lebak Banten.

Arif Kirdiat selaku Ketua Yayasan Sahabat Relawan Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap minggu bersama 10 Bidan Desa dan tenaga kesehatan lainnya di wilayah Kanekes Baduy.

"Kawasan Kanekes Baduy merupakan remote area dimana akses kendaraan tidak diperkenankan masuk kawasan ini dan keberadaan tenaga kesehatan merupakan hal penting dalam mewujudkan kesehatan untuk semua," ungkap Arif.

Sementara itu, Bidan Pita salah satu tenaga kesehatan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa rutinitas mingguan ini merupakan hal penting dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

"Terima kasih teman-teman relawan dan Alfamart yang mendukung program ini karena biasanya kami para bidan hanya sendiri dalam menyusuri wilayah Baduy memberikan layanan kesehatan," ujar Pita.

Kegiatan ini dapat terselenggara berkat donasi konsumen yang dihimpun oleh Alfamart bersama Lazismu. (Isum)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.