https://harianrakyatbanten.com

 

Pandeglang,- Para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sri Mukti 1 Desa Banjarmasin kecamatan Carita tanam benih padi varietas unggul Mekongga, berdasarkan pantauan pada senin (27/9/2021).

Adapun penanaman benih padi tersebut di blok ciparay dengan luas hamparan sekitar kurang lebih 5 hektare tutur  ketua Poktan bernama Sapkari, saat ditemui di lokasi. 

Lebih lanjut Sapkari menuturkan, bahwa dengan adanya benih padi varietas mekongga ini bisa tahan lama juga menghasilkan gabah yang bagus. 

"Para petani merasa senang dengan adanya bantuan benih padi ini, karena benih padi ini bisa ditanam dilahan tadah hujan juga ladang(huma)", ujarnya. 

Sementara itu Korluh pertanian kecamatan Carita bernama E Kusmana mengatakan, bahwa benih padi  mikongga merupakan varietas unggul dan bisa ditanam di sawah maupun dilahan kering atau huma. 

Dan keunggulan lain dari varietas mikongga adalah umur tanaman lebih singkat, tanaman tegak dan gabah ramping serta tahan terhadap hama penyakit," ucapnya. 

Masih dikatakan Kusmana, pengembangan padi varietas mikongga di kecamatan Carita dilaksanakan dilahan kering (ladang) juga di tempat tadah hujan. 

Bahwa ini merupakan kegiatan perluasan areal tanam baru(PATA, red), padi varietas mikongga jika dirawat maksimal bisa menghasilkan gabah maksimal, katanya. 

Ia berharap supaya para petani mau menanam benih padi varietas unggul dan terus berinovasi supaya bisa meningkatkan produksi padi serta kesejahteraan bagi para petani, pungkasnya.(Isum)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.