https://harianrakyatbanten.com

 

Pandeglang,- Bertempat di blok pamatang, para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sri Mukti 1 desa Banjarmasin kecamatan Carita kabupaten Pandeglang. Laksanakan penanaman perluasan arena tanam baru(PATB)padi gogo, ucap Kusmana sebagai koordinator penyuluhan (Korluh) pertanian kecamatan Carita. Pada senin (30/11/2020).

Ditambahkan Kusmana, adapun penanaman padi gogo tersebut di lahan darat atau ladang, dengan cara penanaman menggunakan tungkal(asek biasa petani menyebut). 

Luas area untuk PATB keseluruhan sekitar 20 hektare, dan baru tertanami 18 hektare, usia tanam baru 1 hingga 17 hst, imbuh Kusmana. 

Masih dikatakan Kusmana, dengan adanya kegiatan ini, para petani mau dan mampu bekerja sama. Dengan tujuan agar mendapat nilai tambah dari kegiatan penanaman tersebut, terangnya. 

Kegiatan seperti ini, bisa dilakukan di lahan darat atau ladang (huma), maupun di daerah tadah hujan.Dengan menggunakan varietas unggul invari-42,jelas Kusmana. 

Ditempat yang sama, ketua Poktan Sri Mukti 1 bernama Safkari menuturkan, selain bibit padi invari-42 juga ada pupuk berupa NPK insektisida dan herbisida. 

Terima kasih kepada pihak pemerintah daerah maupun pusat melalui dinas pertanian kabupaten Pandeglang, atas bantuanya semua ini kepada para petani kecamatan Carita khususnya, Pungkas Safkari.(Isum)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.