https://harianrakyatbanten.com

 


Cilegon - Penilaian Psikomotorik IPA. Pada hari Rabu, 22 November 2023 SMPIT Insantama Cilegon melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik. Kegiatan ini dilakukan oleh Siswa/i kelas IX pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


SMPIT Insantama Cilegon memiliki metode dan gaya belajar yang bukan hanya membuat Siswa/i tertarik, fokus, dan mudah untuk dipahami. Model pembelajaran yang diberikan di SMPIT Insantama Cilegon, yakni model pembelajaran _Learning by doing_, dimana siswa/i dapat langsung praktek bukan sekedar teori.


Mata pelajaran IPA kali ini membahas materi tentang Listrik Dinamis, Siswa/i kelas IX diajak untuk melakukan Praktikum Rangkaian Listrik Seri dan Paralel. Siswa/i antusias dalam melakukannya.


Siswa/i mencoba secara langsung dalam merangkai rangkaian listrik seri dan paralel. Alat dan bahan praktikum yang dipakai belum pernah mereka lihat sebelumnya. Siswa/i pun diajarkan cara menentukan nilai Resistor (hambatan) sendiri. Dimana mencari nilai Resistor, baru bisa didapatkan pada jenjang kuliah. Dengan begitu Siswa/i sangat antusias dan tertantang mengikuti kegiatan pembelajaran kali ini.


Kegiatan Praktikum IPA menjadi Penilaian Psikomotorik, yakni berupa keterampilan dalam merangkai rangkaian listrik dan menganalisa data hasil pengamatan. Hal ini merangsang siswa/i untuk melakukan secara kreatif.


SMPIT Insantama Cilegon menerapkan kurikulum yang tidak hanya menguasai ilmu kehidupan (ilmu pengetahuan dan teknologi) begitu saja, namun Siswa/i SMPIT Insantama Cilegon telah diberikan pemahaman (internalisasi) terkait materi yang diajarkan dengan tsaqafah Islamiyah. Sehingga Siswa/i senantiasa hatinya terpaut pada Allah dan bersyukur akan luasnya Ilmu Allah dalam kehidupan sehari-hari.


SMPIT Insantama Cilegon terus berupaya untuk menjadi sekolah yang mengedepankan keunggulan dalam membentuk tsaqafah Islamiyah, Syakhsiyyah Islamiyah, dan menguasai ilmu kehidupan (IPTEK). (BI)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.