https://harianrakyatbanten.com

 


Artikel by. WF

Menjelang pemilihan Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Tercuat kabar bahwa salah satu kandidatnya Berdomisili juga di Serang, Banten. Berawal dari Keluarga nya yang menetap di Kota Serang semenjak Beliau Menjabat Wakil Komandan Grup - 1 Kopassus tahun 2009 hingga kini. Ia adalah Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Instalasi Strategi Pertahanan (Kabainstrahan).

Menguatnya dukungan terhadap Mayjen TNI Yulius Selvanus untuk menjadi Ketua Umum PMTI (Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia) yang akan datang, tidak mengherankan. Pasalnya, dikenal tegas dan keras serta wibawa Sangtorayan. 

Yulius Selvanus (ketiga dari kiri). Bersama pengurus IKAT Banten.

Jenderal berdarah Paris (Pangala' Riu dan Sekitarnya) dengan wajah bak tempramental ini memang cukup disegani di kalangan angkatannya di TNI. Sekilas melihat wajahnya ia tampak selalu serius dengan kesan sulit tersenyum apalagi tertawa.

Dia memang benar-benar prajurit sejati dan banyak ditempa di lapangan atau medan tempur, Tak heran karena ia berasal dari kesatuan elit TNI yakni Kopassus.

Untuk diketahui, Musyawarah Besar PMTI akan digelar pada tanggal 2-3 Oktober 2021 di Hotel Bidakara, Jakarta. Agenda utama Mubes ini adalah pemilihan Ketua Umum PMTI, periode 2021-2026 menggantikan Almarhum Frederik Batong.


Yulius Selvanus dalam forum Kenegaraan (HUT RI Ke-76) mengenakan baju
adat TORAJA

Darwin mengatakan, nama Mayjen Yulius Selvanus Lumbaa diusulkan karena menurut pendapat pengurus IKAT Kota Serang, Kab Serang, Kab Pandeglang, Kab Rangkasbitung dan Kota Cilegon itu, sosok ini memenuhi semua kriteria pemimpin sosial masyarakat Toraja juga membawa nama baik untuk Masyarakat Toraja di Banten ini juga.

Enam kriteria utama calon pimpinan PMTI. Pertama, dia adalah tokoh nasional. Kedua, memiliki jaringan nasional dan daerah yang kuat. Kemudian memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat (strong leader). Berjiwa sosial dan bisa menjadi pelindung bagi masyarakat Toraja dimanapun berada. Kriteria terakhir adalah memiliki keinginan kuat untuk membangun kampung halaman.

Mayor Jenderal TNI Yulius Selvanus Lumbaa adalah putra Toraja dari Pangala’, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. Selama menjalani karier militer, Jenderal Bintang Dua ini menghabiskan banyak waktunya di Kopassus, pasukan elit TNI AD. Dia pernah menjabat Wakil Komandan Grup-1 Kopassus di Kota Serang, Wakil Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau, dan Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau. Juga Komandan Korem 181/Praja Vira Tama Sorong Papua Barat.

Saat ini, lulusan Akademi Militer tahun 1988 tersebut menduduki jabatan Kepala Badan Instalasi Stategis Pertahanan (Kabainstrahan) di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia.(HRB)




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.