https://harianrakyatbanten.com

 


Pandeglang,- Para petani di wilayah desa Banjarmasin kecamatan carita yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Sri Mukti 1 dapat bantuan bibit padi varietas Mikongga, berdasarkan pantauan pada rabu(16/6/2021).

Pada kesepakatan itu hadir koordinator penyuluhan (Korluh) pertanian kecamatan carita E. Kusmana, para penyuluh pertanian, petugas POPT kecamatan carita dan tentunya ketua Poktan Sri Mukti dan para anggota.

Sementara itu Korluh pertanian, E Kusmana menyampaikan, bahwa bantuan bibit padi varietas mikongga ini khusus ditanam dilahan kering atau ladang.

Varietas mikongga ini bibit padi unggul jenis baru, tetapi punya keunggulan tahan terhadap serangan hama atau wereng, ujarnya.

Tetapi usia tanam lebih lama dari pada padi varietas lainya, varietas mikongga dari mulai tanam hingga panen sekitar 125 hari, ucapnya.

Adapun bibit padi yang disalurkan ke Poktan Sri Mukti 1 sekitar dua ton, dan pupuk sejenis NPK sekitar lima ton, masih dikatakan E. Kusmana.

Sebetulnya semua varietas padi punya keunggulan masing-masing, yang penting para petani harus telaten dalam pengolahan lahan, penanaman padi pakai jarak serta pemupukan yang sesuai ukuran dan kebutuhan, pungkasnya.

Ditempat yang sama, ketua Poktan Sri Mukti 1 bernama Sapkari menuturkan, bahwa luas hamparan ada sekitar 50 hektare.

Bantuan bibit padi dan pupuk sesuai dengan kebutuhan, sebab 1 hektare lahan butuh bibit padi sekitar 40 kg dan pupuk untuk 1 hektare lahan dibutuhkan satu kwintal atau 100 kg, tuturnya.

Rencana akhir bulan juni ini sudah mulai untuk penanaman bibit padi, berharap bisa panen maksimal seperti panen padi sebelumnya, pungkas Sapkari.(Isum)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.