https://harianrakyatbanten.com

 


Pandeglang,- Dengan menggunakan alat sistem pertanian (Alsintan) saat menggolah lahan sawah dan memanen padi, bisa mempercepat serta memperingan pekerjaan petani. Bahkan berdasarkan informasi yang didapat, dengan menggunakan Alsintan bisa mengirit biaya yang dikeluarkan petani.

Dan berdasarkan pantauan pada jumat (12/3/2021), bahwa petani carita yang tergabung dalam kelompok tani(Poktan)Berkah sedang melaksanakan panen padi di blok cilurah desa Sukanagara dengan menggunakan Alsintan.

Sementara itu ketua Poktan Berkah bernama Bahrudin saat ditemui mengatakan, bahwa ia untuk memanen padi menggunakan combine.

Dan saat combine sedang melaksanakan panen padi, ia juga mengikuti combine menggunakan traktor roda empat (TR 4,red) atau jonder untuk menggolah lahan sawah itu, ucapnya.

Dilanjutkan Bahrudin, jadi alat pertanian moderen atau Alsintan sangat dibutuhkan para petani untuk menunjang  pekerjaan.
Contoh seperti yang di lakuan ia bersama anggota atau petani ini lahan sawah ini, Tambahnya.

Masih dikatakan Bahrudin, dimana operator combine(mesin pemetik padi, red) terus bekerja di depan, operator jonder mengikuti dari belakang untuk menggolah lahan sawah.

Sehingga ini bisa mempercepat tanam padi kembali, juga panen. Pada tahun ini (2021)diperkirakan bisa tanam bibit padi hingga 4 kali, dan bisa panen padi tiga(3)kali, tuturnya.

Ditambahkan Bahrudin, jika petani ingin maju serta mendapatkan hasil panen padi maksimal, harus ditopang dengan peralatan mesin moderen atau Alsintan.

Sebab  bertani dengan menggunakan Alsintan memberikan kemudahan dan keuntungan, dengan combine saat panen padi ada keunggulan tersediri, diantaranya bobot padi lebih bersih. Dan gunakan jonder saat mengolah lahan sawah, bisa mempercepat pekerjaan dan meringankan beban biaya petani, ujarnya.

Ia sendiri sudah menggunakan Alsintan dari beberapa tahun lalu, dan terbukti tidak terlalu banyak menggunakan pekerja saat pengolahan lahan sawah maupun panen padi, pungkasnya.(isum)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.