https://harianrakyatbanten.com

 

Pandeglang,- Pada saat puskesmas Jiput laksanakan musyawarah masyarakat desa, di desa Sukacai kecamatan Jiput kabupaten Pandeglang. Ada beberapa poin yang terungkap.

Hal ini pula yang disampaikan, salah seorang perwakilan dari puskesmas bernama Yuyun Yuningsih pada jumat (27/11/2020).

"Bahwa berdasarkan hasil MMD pada januari 2020, ada beberapa poin yang jadi catatan, diantaranya:belum lengkapnya tersedia gedung pos yandu, masih kurang sarana pembuangan air limbah(SPAL), belum merata sarana air bersih(SAB), masih banyak warga yang merokok di dalam rumah, ibu hamil belum memiliki tabungan ibu hamil (Tabulin) dan kekurangan pos Bindu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun , bahwa dalam agenda tersebut, hadir para nara sumber dari puskesmas Jiput.Yaitu Yuyun Yuningsih, Didin Hasanudin dan bidan desa setempat bernama Risma Damayanti.

Serta para undangan terdiri dari Kades Sukacai, Samian, ketua penggerak PKK desa, para kader, tokoh agama dan tokoh masyarakat, rw serta rt.

Sementara itu, Kades Sukacai bernama Samian mengatakan, bahwa untuk pembangunan gedung pos yandu masih terkendala pengadaan tanah hibah.Tetapi jika sudah ada lahan, untuk pembangunan gedung akan diajukan melalui dana desa (DD).

Terkait SPAL, bahwa sudah ada 55 buah rumah bangunan baru lengkap dengan kamar mandi, untuk SAB sudah terselesaikan dengan adanya Pamsimas di kampung Pamatang dan SAB di kampung Sukacai lebak, ucapnya.

Hal lain dikatakan, perwakilan dari puskesmas Jiput, Didin Hasanudin, bahwa di MMD bulan ini(november, 2020), masih ada beberapa poin atau catatan, yaitu masih banyak warga yang merokok di dalam rumah, belum lengkap gedung pos yandu di tiap kampung, pos bindu baru ada satu, dan ibu hamil belum memiliki tabungan atau Tabulin.

Adapun agenda MMD berlangsung di aula kantor desa Sukacai, baik para Narsum maupun undangan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Yaitu memakai masker dan menjaga jarak, sebelum masuk ruangan cuci tangan dulu di wastafel.(isum)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.