https://harianrakyatbanten.com

 


Cilegon,- Puluhan anak mengikuti kegiatan jelajah dan edukasi alam yang diselenggarakan oleh Kelompok 08 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STIT Al-khairiyah di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Minggu 30 Agustus 2020.

 

Ketua Kelompok 08 KKM STIT Al-khairiyah Rizki Amin mengatakan anak-anak berasal dari Lingkungan Cikebel yang menjadi tempat kelompoknya berkegiatan dalam pengabdian masyarakat.

 

"Selama anak-anak tidak bisa masuk sekolah, kami selalu berkumpul untuk belajar bersama, seperti mengerjakan tugas-tugas selama dua minggu ini. Biar ada sesuatu yang beda dan menyenangkan, kami kemudian mengajak anak-anak jelajah alam," kata Rizki.

 

Pengetahuan tentang menjaga dan melestarikan alam sangat penting bagi anak-anak. Disebutkan Rizki, Lingkungan Cikebel sempat mengalami banjir bandang dan longsor pada Mei 2020 lalu. Bukti keganasan banjir masih kita jumpai ketika melihat bangunan madrasah yang hancur.

 

"Cikebel menjadi daerah yang sangat sejuk dan hijau. Anak-anak harus mendapatkan edukasi menjaga lingkungan agar tetap asri," kata Rizki.

Koordinator Bidang Pendidikan Kelompok 08 KKM Ahmad Khaironi mengatakan, sangat penting anak sadar bahwa aktifitas menebang pohon di pegunungan bisa menimbulkan kerusakan lingkungan, akibatnya bisa banjir dan longsor.

"Menjaga lingkungan menjadi pesan utama. Untuk itu kami ajak anak-anak menjelajahinya, supaya melihat dan merasakan sendiri betapa indahnya alam ini," kata Roni.

Disebutkan Roni, kegiatan ini juga didukung Mahasiswa STIT Al-khairiyah yang berasal dari kelompok KKM yang berbeda. Mereka memiliki hobi mendaki gunung, seperti Ardian yang banyak bercerita tentang asiknya menikmati alam tanpa merusaknya dan Mang Pram yang mendongeng tentang indahnya pohon-pohon hijau.

"Anak-anak sangat senang sekali dengan kegiatan ini, karena melihat langsung alam dan nilai edukasi dari cerita atau dongeng," tutup Roni.(pram)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.