https://harianrakyatbanten.com



Serang (20/01/20),- Setelah menggelar kegiatan one day tour wisata literasi sejarah di Kawasan Keraton Kesultanan Banten pekan lalu, saat ini TBM Jawara mengajak pengurus dan relawan untuk memperkenalkan sejarah dan budaya Keraton Kaibon yang masih termasuk dalam Kawasan Keraton Kesultanan Banten kepada masyarakat sekitar terlebih kepada anak-anak yang sering mengikuti kegiatan "Minggu Seru Baca Buku" di Keraton Kaibon, minggu (19/01/20).

Di kegiatan "Minggu Seru Baca Buku" kali ini, Maulidia selaku ketua TBM Jawara mengajak Aida Caren selaku Duta Wisata Cilik Banten untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Dimana seperti biasa dalam kegiatan ini anak-anak yang biasa mengikuti kegiatan ini membukanya dengan doa dan membaca buku, setelah membaca buku dan sedikit pengarahan, anak-anak diajak untuk menyusuri setiap tempat-tempat di Keraton Kaibon dengan sedikit menjelaskan dan menceritakan sejarah dan keadaannya sekarang.
"Kali ini saya bersama Aida Caren selaku Duta Wisata Cilik Banten serta para relawan mengajak anak-anak untuk mengelilingi Keraton Kaibon setelah kegiatan pembukaan dan membaca buku." Jelas Maulidia.

Penjelasan sejarah yang singkat dan bisa diserap oleh anak-anak merupakan salahsatu tujuan diadakannya kegiatan ini, hal ini disampaikan oleh Rani sebagai salahsatu relawan TBM Jawara bahwa kegiatan ini diharapkan pula dengan muncul suatu kebanggaan dan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya yang ada, sehingga ada keinginan selalu menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kejayaan para pendahulunya.
"Semoga bisa memberikan pengetahuan tentang sejarah kepada masyarakat sekitar khususnya anak-anak sekitar, sehingga memunculkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya serta mampu menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kejayaan para pendahulu" jelasnya.

Keseruan kegiatan "Minggu Seru Baca Buku" kali ini pun dirasakan oleh Aida Caren yang mengikuti kegiatan hingga selesai, baginya kegiatan ini sangat mengasyikan dan bermanfaat.

Tak hanya itu iapun ingin mengikuti kembali kegiatan bersama TBM Jawara di kegiatan berikutnya.
"Seneng ikut kegiatan bareng TBM Jawara, Jadi pengen gabung lagi. Anak-anak didiknya baik-baik, ga sombong" ucap Caren. Ia pun sebagai Duta Wisata Cilik Banten selalu menghimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar Keraton Kaibon disela-sela kegiatan tersebut.(Az/TBMjawara)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.